Tips Membuat Kolam Renang Sendiri

RumahCom – Kolam renang bisa menjadi sarana olahraga yang sangat menyenangkan. Memiliki kolam renang pribadi di rumah dapat membantu Anda mengurangi rasa stres karena membuat suasana di rumah menjadi nyaman dan sejuk.

Selain itu, berenang bersama keluarga juga dapat mempererat keharmonisan antar anggota keluarga.

Jika Anda berencana membangun kolam renang sendiri, berikut beberapa tips yang bisa dilakukan:

Menggali Lubang

Sewa seorang yang profesional untuk membuat lubang menggunakan mesin, karena menggali sendiri lubang besar dengan tangan akan menghabiskan waktu lama. Sementara, pekerjaan menggunakan mesin hanya akan menghabiskan waktu 1-2 hari. Dengan demikian Anda bisa langsung fokus pada konstruksi kolam.

Perkuat Pondasi

Konstruksi kolam renang harus cukup kuat dari goncangan gempa bumi. Gunakan pelat baja untuk membuat kerangka dinding dan lantai. Mintalah bantuan beberapa teman, karena pekerjaan yang melibatkan baja yang berat bisa jadi proyek yang berbahaya.

Lantai Kolam

Ketika baja sudah dipasang di tempatnya, gunakan beton sebagai lantai kolam renang. Cari tahu seberapa banyak adukan semen yang Anda butuhkan untuk ukuran kolam Anda dan gunakan truk untuk membawanya.

Penutup Dinding

Ketika lantai sudah solid, saatnya membangun dinding menggunakan beton. Anda harus memastikan dinding ini memiliki pelapis yang kuat agar tidak mudah runtuh.

Menuangkan Beton

Tuangkan beton hingga beberapa lapis untuk membentuk dinding. Anda juga bisa menggunakan vibrator semen untuk menghilangkan udara yang menempel di antara lapisan beton.

Sistem Tahan Air

Kini struktur utama sudah selesai. Anda harus menerapkan beberapa lapisan tahan air di bagian dalam dinding dan lantai. Pekerjaan ini dapat Anda lakukan sendiri, namun pastikan gunakan produk yang benar.

Keramik Kolam Renang

Gunakan bahan dan cara yang persis sama ketika Anda memasang keramik di dapur atau kamar mandi.

Membuat Kolam Renang Kecil

Lantas, bagaimana jika Anda tidak memiliki lahan yang cukup untuk membangun kolam renang yang besar? Berikut beberapa ide kreatif untuk membuat kolam renang kecil.

kolam renang - coastallivingcom
Kolam renang seperti ini bisa dibangun berbagi dinding dengan pondasi rumah. Dibatasi dengan pohon-pohon di sekelilingnya, kolam renang seperti ini dapat membuat hidup desain rumah Anda.

kolam renang kecil - pixstaticcom
Anda bisa membuat kolam renang dengan ukuran yang kecil seperti ini hanya untuk bermain-main di akhir pekan, atau mengajak anak belajar berenang. Tambahkan shower di salah satu dinding sebagai tempat untuk membilas badan.

kolam renang panjang - pixstaticcom
Jika Anda memiliki lahan yang tidak luas namun memanjang, Anda bisa membangun kolam renang dengan bentuk seperti ini. Tambahkan kursi yang nyaman untuk berbaring dan bersantai bersama teman atau anggota keluarga.

kolam renang - pixstaticcom
Perhatikan batas kolam renang jika Anda membuatnya di belakang pekarangan rumah. Anda bisa menggunakan dinding kaca seperti gambar di atas untuk memberikan batas dengan area rumput.

Tambahkan sofa, bantal, dan meja kecil di bagian ujung kolam renang, sebagai tempat untuk bersantai atau memakan camilan bersama keluarga.